Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida berselancar di Pantai Legian, Badung, Bali, Sabtu (13/7/2024). Rio Waida terus melakukan latihan jelang berlaga pada Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga surfing yang akan dilaksanakan di Tahiti, Kepulauan Polinesia Prancis mulai 27 Juli mendatang. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Peselancar berdarah Jepang-Jawa, Rio Waida menjadi wakil Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024. Atlet selancar ombak itu akan menjadi wakil Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024.

Rio meraih tiket Olimpiade 2024 setelah lolos kualifikasi pada kompetisi yang digelar Asosiasi Surfing Internasional (ISA) bertajuk World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, pada Maret 2024.

Dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (16/7), Rio mengatakan, akan bertolak ke Tahiti, Kepulauan Polinesia Prancis, yang akan menjadi lokasi Olimpiade Paris 2024, pada Kamis (18/7).

Baca juga:  Masih Pandemi COVID-19, Kemenkes Keluarkan SE Kesiapsiagaan Libur Nataru

Cabang olahraga selancar ombak dijadwalkan berlangsung mulai 28-31 Juli 2024, namun jadwal dapat berubah sewaktu-waktu mengingat penyelenggaraan bergantung pada kondisi alam.

Dalam undian babak pertama Olimpiade Paris 2024, Rio akan berkompetisi di Heat 8 bersama peselancar Jepang Reo Inaba dan peselancar Italia Leonardo Fioravanti ​​​​​​, yang bisa jadi kompetitor kuat.

Baik Rio maupun Fioravanti berhasil lolos untuk mewakili negara masing-masing dalam Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya juga sama-sama melaju hingga babak 16 besar Olimpiade, dan berkompetisi dalam Championship Tour liga surfing dunia WSL.

Baca juga:  Raih Emas Olimpiade, Ayah Rizki Ungkap Keinginan Sang Anak

Saat ini Rio memiliki peringkat yang jauh lebih baik dari Fioravanti. Peselancar berusia 24 tahun itu berada di peringkat 10 dunia, sementara kompetitornya asal Italia berada di peringkat 21 dunia. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *