Ida Bagus Giri Putra. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Giri Putra menunjukan keseriusannya maju dalam konstestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar November 2024. Giri Putra telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai aparatur sipil negara (ASN), Senin (22/7).

Surat pengunduran dirinya diajukannya kepada Bupati Bangli melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Giri Putra mundur sebagai ASN, empat bulan sebelum masa pensiunnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Giri Putra mengaku dirinya memutuskan mundur sebagai ASN sebagai bentuk keseriusannya untuk maju sebagai calon bupati dalam Pilkada mendatang. Ia memilih pensiun dini untuk menghindari terjadinya pelanggaran netralitas ASN.

Baca juga:  Bule Bobol Vila Dilimpahkan ke Kejaksaan

“Walaupun dalam undang-undang, kewajiban mengundurkan diri saat sudah ditetapkan sebagai pasangan calon, tetapi demi menghindari pelanggaran netralitas ASN, saya memutuskan mengajukan pengunduran diri mendahului,” kata Giri Putra.

Selain melalui surat, Giri Putra juga telah menyampaikan pengunduran dirinya secara langsung kepada bupati. Saat ini birokrat asal Geria Bukit, Bangli itu tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari Bupati terkait pemberhentiannya sebagai ASN.

Terkait pengunduran dirinya ini, ia pun menyatakan akan segera menyampaikan ke Bawaslu Bangli. Menurutnya dengan dasar surat pengunduran diri yang diajukannya itu tidak ada lagi hambatan untuk ikut dalam proses politik.

Baca juga:  Pembunuh dan Pembakar Dua WN Jepang Ditangkap

Pasca mundur sebagai ASN, Giri Putra akan segera melakukan proses komunikasi politik dengan sejumlah parpol calon pengusung. Sejauh ini dirinya mengaku sudah membangun komunikasi dengan beberapa parpol. Bahkan dirinya telah diikutkan dalam proses survey yang lakukan beberapa partai politik seperti Partai Golkar dan Nasdem.

Disinggung terkait motivasinya maju sebagai calon bupati, Giri Putra mengungkapkan karena banyak dukungan dari masyarakat, tokoh masyarakat dan ASN yang mengalir untuk dirinya. Di sisi lain dirinya ingin membangun Bangli lebih baik.

Baca juga:  Akan Dimutasi, Bupati Tamba Kumpulkan Puluhan ASN

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) kabupaten Bangli I Made Mahindra Putra dikonfirmasi membenarkan bahwa Sekda Giri Putra telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN. Pihaknya selanjutnya akan menyampaikan hal itu kepada Bupati. “Untuk menjalankan tugas birokrasi sementara kami akan usulkan bupati menunjuk pelaksana harian (Plh),” terangnya. (Dayu Swasrina/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *