Jokowi melayat ke rumah duka Hamzah Haz. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo didampingi wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka melayat ke rumah duka Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, Rabu (24/7) siang. Hamzah wafat pada Rabu pagi.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Presiden tiba sekitar pukul 13.17 WIB dengan iring-iringan mobil pengawalan di rumah duka. Dia turun dari mobil dan langsung masuk ke rumah duka, setelah disambut oleh pejabat TNI dan Kepolisian setempat.

Ia langsung naik ke lantai dua rumah Hamzah Has karena jenazah disemayamkan di lokasi tersebut.

Baca juga:  Susun GBHN, MPR Bentuk Panitia Ad Hoc

Kedatangan presiden pun didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain Jokowi, sebelumnya tokoh-tokoh bangsa lainnya sudah berdatangan ke rumah duka, di antaranya Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden Ke-11 Budiono. Kemudian hadir pula sejumlah politisi, di antaranya Ketum PPP Mardiono, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, hingga Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel.

Baca juga:  Golongan Daya 450 VA, Jokowi : Tidak Ada Penghapusan

Adapun Mobil jenazah dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) TNI I/Jakarta disiapkan untuk membawa mendiang Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz. Rencananya, jenazah akan dibawa untuk dimakamkan di daerah Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 13.30 WIB.

Pihak Kogartap pun menyiapkan peti jenazah berwarna putih untuk tokoh bangsa tersebut. Selain itu, Kogartap I/Jakarta juga sudah menyediakan tenda sementara bagi prosesi keberangkatan jenazah menuju ke lokasi pemakaman.

Adapun Hamzah Haz wafat di usia 84 tahun, pada pukul 09.30 di Kediaman Tegalan, Matraman Jakarta., Rabu. Dia lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940.

Baca juga:  Puan Maharani: Pancasila Ideologi Penyatu Rakyat

Ia merupakan Ketua Umum PPP dua periode (1998-2007) dan menjabat sebagai Wakil Presiden Ke-9 RI mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputeri (2001-2004). Selain sebagai politisi dan wakil presiden, Hamzah Haz aktif di DPR RI dan juga menjabat Menteri.

Setelah proses mandi jenazah dan persemayaman, Hamzah dikabarkan akan dishalatkan di masjid miliknya yang berlokasi di Jalan Nenas, Bogor, Jawa Barat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *