Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di Denpasar. (BP/Ant)

DENPASAR, BALIPOST.com – Salah satu upaya untuk memecah atau mengurai kemacetan di kawasan wisata Sanur, Pemerintah Kota Denpasar akan menyiapkan shuttle bus listrik.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, pengadaan sebanyak lima shuttle bus listrik akan dianggarkan melalui APBD Perubahan tahun anggaran 2024. “Sementara lima unit dulu, sambil dikaji oleh Dinas Perhubungan, nanti akan dioperasionalkan oleh Perumda kita, PD Parkir,” ucapnya di Denpasar seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (24/7).

Baca juga:  Pelabuhan Benoa Segera Dirombak, Akses Wisman dari Jalur Laut Bakal Melonjak

Ia menyampaikan, shuttle bus listrik yang akan disiapkan tersebut, modelnya seperti yang sudah digunakan di kawasan Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem.

“Ini (shuttle bus) nanti yang akan hilir mudik di Sanur dan sedang dikaji oleh Dinas Perhubungan. Astungkara (atas izin Tuhan) itu bisa berjalan, nanti tahun 2025 akan ditambah lagi. Jika bisa berjalan, baru nanti akan diterapkan larangan parkir di badan jalan. Itu salah satu solusi kita untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Baca juga:  Pengungsi di Posko Kubu Keracunan Usai Santap Sambal Kemiri

Terkait kantong parkir, menurut Arya Wibawa, sudah dikomunikasikan dan kemungkinan opsinya di depan Hotel Hyatt dan juga di Kawasan Pantai Mertasari.

Ia menegaskan, wisatawan yang menginap di hotel-hotel di Sanur, tetap dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju hotel. Shuttle bus listrik disiapkan bagi wisatawan yang ingin ke restoran maupun berbelanja di kawasan Sanur, dengan sebelumnya kendaraan pribadi diarahkan di kantong parkir.

Baca juga:  Gunung Agung Naik Status Lagi ke Level IV

“Kami yang melayani turun di restoran A, restoran B, ataupun ke mal mana. Mungkin itu solusi sementara dulu. Di APBD Perubahan dianggarkan lima unit kendaraan listrik seperti yang ada di Besakih, yang akan hilir mudik di kawasan Sanur,” kata Arya Wibawa. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *