Melonjak- Harga cabai di Karangasem melonjak. Saat ini harga cabai tembus kisaran Rp 70-80 per kilogramnya. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Harga cabai di pasaran saat ini melambung tinggi. Saat ini harga cabai tembus Rp 80 per kilogramnya. Hal itu diungkapkan langsung oleh salah seorang pedangan di Pasar Amlapura Timur, Ni Ketut Tradi, pada Jumat (26/7).

Tradi menuturkan, untuk saat ini harga cabai merah kisaran Rp 70-80 ribu per kilogramnya. Sebelumnya harga cabai kisaran 35-40 ribu perkilogramnya. “Harga cabai mengalami peningkatan semenjak seminggu terakhir ini. Kata dia, meroketnya harga cabai saat ini mungkin dipengaruhi oleh tingginya permintaan konsumen,” ucapnya.

Baca juga:  24 Perbekel Terpilih Dilantik Secara Maraton

Hal senada diungkapkan pedagang lain, Ni Komang Aras. Menurutnya, lonjakan cabai terjadi secara bertahap sejak sepakan lalu hingga saat ini. “Lonjakan paling tinggi tejadi dua hari lalu. Saat itu harga cabai tembus Rp 80 ribu per kilogramnya. Dan hari ini harga cabai sedikit turun menjadi Rp 70 ribu per kilogramnya,” katanya.

Menurut Aras, naiknya harga cabai disebabkan akibat pasokan yang tidak menentu. Pasalnya, sebagian besar pedagang mengandalkan pasokan cabai datang dari luar Bali.

Baca juga:  Satu Pelaku Perampokan Ditembak, Tiga Melarikan Diri

Sementara itu, Kepala Disperindag Karangasem I Gede Loka Santika tak menampik lonjakan cabai yang tejadi belakangan ini. Kata dia, pedangan sebagain besar mengandalkan pasokan cabai dari luar Bali, mengingat petani cabai di Karangasem saat ini belum memasuki masa panen.

“Untuk solusinya, kita akan berkomunikasi dengan daerah lain. Ketika petani mereka disana memiliki hasil panen cabai kita akan arahkan pengepul untuk membeli cabai di wilayah tersebut,” katanya. (Eka Parananda/Balipost).

Baca juga:  Disebabkan Ini, Produksi Cabai di Gianyar Turun

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *