PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (BP/Istimewa)

LOMBOK UTARA, BALIPOST.com – PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Salah satu implementasinya adalah penyediaan jaringan smart system penerangan jalan umum (PJU), selain juga beragam solusi ICT untuk seluruh perangkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Penandatanganan kerja sama ekslusif dilakukan oleh Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, dan Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto di Kantor Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (15/8).

Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan pihaknya merasa bangga dapat menjadi partner bagi pemerintah kabupaten Lombok Utara untuk penyediaan smart system PJU  dan  beragam solusi ICT untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Utara sebagai smartcity dan #JadiLebihBaik. “Melalui kerja sama ini kami akan membantu Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk menerapkan SPBE secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung proses pengembangan daerah Lombok Utara ke arah digital untuk semua sektor,” katanya.

Baca juga:  OJK Cabut Izin Usaha SMEFI

Lebih lanjut Feby menjelaskan, dalam mendukung program smart city di daerah-daerah, XLABS memiliki kesiapan yang mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia. Kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan Pemkab Lombok Utara meliputi penerapan beragam solusi  atau ICT yang terintegrasi.

Dukungan ini diharapkan mampu mengakselerasi program smartcity dan konektivitas di seluruh wilayah kabupaten hingga ke pedesaan Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH mengatakan Lombok Utara adalah salah satu wilayah tujuan utama pariwisata di Nusa Tenggara Barat, dalam satu tahun bisa mencapai 1 juta orang. Oleh karena itu, kebutuhan teknologi informasi di Lombok Utara memang sudah harus hadir.

Baca juga:  XL Anggarkan Belanja Modal Rp 7 Triliun

Kerja sama dengan XL Axiata saat ini merupakan salah satu solusi untuk  percepatan teknologi informasi digital untuk memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. “Harapan Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu wilayah smartcity bisa segera terwujud,” ujarnya.

PJU dengan menerapkan smart system memiliki kemampuan memonitor dan mengatur lampu-lampu penerangan jalan dalam satu lokasi tertentu secara nirkabel. Monitoring dan pengaturan lampu-lampu PJU tersebut dilakukan menggunakan komputer/laptop atau smartphone melalui jaringan 3G dan 4G. Implementasi sistem penerangan jalan pintar yang memanfaatkan teknologi untuk efisiensi energi dan pengelolaan yang lebih baik serta kemudahan dalam pengoperasian.

Baca juga:  Buktikan Kehandalan Data, DigiRace Digelar di Manado

Selain PJU, Solusi ICT dari XLABS juga mencakup peningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Lombok Utara. Layanan tersebut dinamakan XL Axiata Akses Sehat yang merupakan perangkat kesehatan berupa alat medis portabel yang didukung oleh solusi pintar berbasis kecerdasan buatan dan IoT (AIoT) serta broadband connectivity dari XL Axiata. Perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, apotik, yang berada di Lombok utara dalam upaya detaksi dini dan pencegahan penyakit.

Kedepannya, kerjasama XLABS dengan Pemkab Lombok Utara juga memungkinkan penerapan sejumlah solusi IoT dan ICT lainnya di atas konektivitas XL Axiata. (bns/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *