Ni Komang Tri Setia saat diwawancara di salah satu hotel di Jakarta sebelum kembali ke Bali, Sabtu (24/8). (BP/win)

JAKARTA, BALIPOST.com – Setelah sukses mengemban tugas sebagai pembawa baki dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Ni Komang Tri Setia asal Klungkung, Bali kembali ke daerah asal. Siswi kelas XI dari SMAN 1 Semarapura ini pun bersiap-siap menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta saat ditemui di hotelnya, Sabtu (24/8).

Komandan Kelompoknya, yaitu Anak Agung Ngurah Panji Darma Putra, pelajar SMAN 1 Singaraja, Bali juga terlihat sudah siap kembali ke Bali.

Tri, saat ditanya perasaannya mendapatkan tugas sebagai pembawa baki, mengaku bangga bisa terpilih. Apalagi, dia merupakan pembawa baki penurunan bendera pertama asal Bali.

Baca juga:  Gubernur Koster Soroti Sombongnya Pelaku Pariwisata, Ketika Pulih Lupa pada Pemerintah

Terlebih lagi upacara bendera HUT tahun 2024 ini pertama kali dalam sejarah yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). “Saya senang sangat senang bisa mengibarkan Bendera Merah Putih,” ujar Tri.

Tri mengaku tidak menyangka bisa terpilih sebagai pembawa baki penurunan bendera. Pemilihannya dilakukan H-3 dari puncak Upacara Bendera HUT ke-79 RI. Meskipun demikian, ia tetap semangat mengikuti latihan dan hingga akhirnya sukses melaksanakan tugas yang diembannya tersebut.

Baca juga:  Timbulnya Konflik dan Disintegrasi Bukan Karena Agama

Tri mengaku tidak ada kendala selama berada di IKN. Hanya saja sedikit rindu kepada keluarga karena selama berada di IKN tidak boleh berkomunikasi via telepon dengan keluarganya di Klungkung Bali.

Untuk melepas rasa rindunya, ia selalu berdoa kepada Tuhan agar selalu menjaga keluarganya. Ia pun memberikan motivasi kepada generasi muda Bali agar tetap semangat dan pantang menyerah untuk terus mencari pengalaman yang bagus, karena tidak ada kata gagal selama berjuang.

Seperti diketahui, Ni Komang Tri Setia termasuk ke dalam tim Paskibraka Indonesia Maju yang dipimpin oleh Komandan Kelompok 17, Anak Agung Ngurah Panji Darma Putra, pelajar SMAN 1 Singaraja, Bali. Sosok yang akrab dipanggil Tri Setia ini adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Baca juga:  Kejati Selidiki Korupsi Pembiayaan Karantina COVID-19, Satgas Bali Angkat Bicara

Ayahnya bernama I Nyoman Subrata dan ibunya Yovita Magdalena Dewi Astutimita. Sejak masih berada di bangku SD, Tri Setia telah memperlihatkan ketertarikannya menjadi seorang anggota Paskibraka. Keinginannya itu ia pegang teguh hingga saat menginjak kelas VIII di SMP Negeri 2 Semarapura, Tri Setia ikut dalam Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB). (Ketut Winata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *