Kantor BPR Lestari Sanur Super Branch. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan budget terbatas. Namun, membeli mobil bekas membutuhkan pemahaman dan ketelitian terkait mobil agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Berikut adalah 7 cara memilih mobil bekas untuk pemula.

1. Tentukan Kebutuhan dan Anggaran

Apakah Anda ingin membeli mobil untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan pekerjaan, atau keperluan khusus lainnya?

Setelah menentukan kebutuhan, selanjutnya tentukan anggaran Anda. Berapa budget maksimal yang bisa Anda keluarkan. Perhitungkan juga biaya-biaya lain seperti pajak, asuransi, dan perawatan kendaraan.

2. Lakukan Riset Harga Pasar

Setelah menentukan kebutuhan dan anggaran, langkah membeli mobil bekas untuk pemula berikutnya adalah melakukan riset harga pasar dan model yang Anda inginkan. Bandingkan harga mobil tersebut di berbagai platform agar mendapat harga terbaik. Anda juga bisa konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman terkait membeli mobil bekas.

Baca juga:  Sambut HUT ke-24, Bank Lestari Bali (BPR) Bagikan 3 Ton Beras untuk 37 Panti Asuhan

3. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Setelah mendapat mobil yang Anda inginkan, langkah selanjutnya dalam membeli mobil bekas adalah memeriksa kondisi fisik mobil. Cek eksterior mobil seperti kondisi cat, bodi, kaca, lampu, dan ban. Perhatikan apakah ada goresan, penyok, atau karat.

Kemudian, periksa juga bagian interior mobil seperti kondisi jok, dashboard, panel instrumen, dan berbagai fitur lain yang ada di dalam mobil tersebut.

Cek juga kondisi mesin, apakah ada suara aneh atau getaran berlebihan saat mesin dihidupkan.

Baca juga:  Pelaksanaan Nyepi, IGD Puskesmas di Jembrana Tetap Beroperasi

4. Lakukan Test Drive

Sangat penting melakukan test drive ketika Anda membeli mobil bekas. Hal ini berguna untuk memastikan seberapa nyaman mobil tersebut saat dikendarai.

5. Cek Dokumen

Periksa dokumen-dokumen terkait mobil bekas yang ingin Anda beli seperti BPKB, STNK, faktur, hingga buku servis. Pastikan BPKB asli dan nama pemilik sudah sesuai. Untuk STNK, pastikan tidak ada tilang yang belum dibayar. Kemudian faktur, pastikan faktur pembelian asli dan sesuai dengan data kendaraan. Terakhir, buku servis untuk mengecek informasi dan riwayat perawatan mobil.

6. Konsultasikan dengan Mekanik

Ajak mekanik yang Anda percaya untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Mekanik akan dapat mendeteksi masalah-masalah yang mungkin terlewatkan saat Anda membeli mobil bekas.

Baca juga:  Raih Penghargaan ke-5 di 2022, Bank Lestari Bali Komit Maksimalkan Layanan Digital

7. Negosiasi Harga

Jangan ragu untuk melakukan tawar menawar ketika membeli mobil bekas. Anda bisa jelaskan juga alasan Anda menawar misalnya usia mobil yang sudah terlalu tua atau ada kekurangan pada mobil. Dengan begitu Anda bisa dapat harga terbaik.

Membeli mobil bekas memang bisa jadi solusi untuk Anda yang punya budget terbatas. Tapi, terkadang mobil bekas juga bisa punya harga yang cukup tinggi tergantung jenis mobilnya. Nah, bagi Anda yang ingin punya mobil tapi budget belum tercukupi bisa ajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Lestari.

Dengan bunga mulai 0%, Anda bisa mewujudkan mobil impian Anda sekarang juga. Tunggu apa lagi? Yuk ajukan KKB Lestari sekarang. (bns/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *