TFG pengamanan VVIP IAF ke-2 dan HLF-MSP dilaksanakan di GOR Yudomo, Kepaon, Denpasar, Jumat (30/8). (BP/ken)

DENPASAR, BALIPOST.com – TNI menggelar Tactical Floor Game (TFG) terkait pengamanan VVIP Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholder (HLF-MSP) di GOR Yudomo, Kepaon, Denpasar, Jumat (30/8). TFG ini diselenggarakan mengantisipasi setiap dinamika yang mungkin muncul selama FTT berlangsung pada 1 hingga 3 September mendatang.

TFG dipimpin Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis selaku Panglima Komando Gabungan Pengamanan Terpadu (Pangkogabpadpam) dan Kabaharkam Polri Komjen Pol. Mohammad Fadil Imran sebagai Kaops Polri. Pesertanya dari para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI dan Polri, instansi pemerintah serta pihak terkait lainnya.

Baca juga:  HLF-MSP dan IAF ke-2, PLN Siaga Hadirkan Listrik Andal

Wadan Satgas Pen Forum Tingkat Tinggi IAF ke-2, Letkol (L) Rudi Kristiyan menjelaskan IAF merupakan forum mempertemukan antara Indonesia dengan negara-negara di Benua Afrika. Pertemuan ini akan membahas banyak isu seperti ketahanan energi dan juga pangan.

HLF-MSP sendiri merupakan forum internasional yang akan mengundang berbagai pemangku kepentingan di tingkat dunia. “Forum ini akan membahas tiga masalah utama global, yakni global polycrisis, kerusakan lingkungan dan juga melemahnya muttilateralisme,” ujarnya.

Baca juga:  Sidang Korupsi Bedah Rumah, Terkuak Tanda Tangan Palsu

Menurutnya melalui sinergi antara visi Indonesia Emas 2045 dan agenda lembangunan Afrika 2063, IAF ke-2 tidak hanya membahas kemajuan masing-masing wilayah, tetapi juga bagaimana kedua benua dapat saling memperkuat dan memberikan dampak positif bagi dunia. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *