Bupati Tamba bercakap dengan warga yang menerima bantuan bibit kucit, Jumat (30/8). (BP/Ist)

PEMERINTAH Kabupaten Jembrana berupaya untuk mendorong pengembangan usaha ekonomi produktif khususnya di bidang pertanian sektor peternakan di masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Pusat dalam rangka memperkuat ketahanan pangan Nasional.

Sejumlah kelompok ternak mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, seperti bantuan bibit ternak, pakan dan hibah uang yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha peternakan. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana merencanakan bantuan bibit ternak akan diberikan kepada masing-masing dua kelompok ternak babi, 2 kelompok ternak sapi, 2 kelompok ternak kambing dan 2 kelompok ternak ayam serta bantuan hibah uang dengan total Rp 563.000.000,- untuk 14 kelompok ternak.

Baca juga:  Mutasi Pegawai Golongan II dan III di Jembrana Dimulai

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba secara langsung menyerahkan sebanyak 80 ekor bibit babi dengan nilai Rp 80.400.000,- dan hibah uang sebesar Rp 106.000.000,- untuk pembelian ternak ayam kepada kelompok masyarakat di desa Dangintukadaya dan desa Manistutu, Jumat (30/8).

Bupati Tamba berharap bantuan yang diberikan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di bidang peternakan utamanya bagi ibu-ibu rumah tangga untuk dapat tetap produktif meskipun tidak bekerja di sektor formal. “Saya bertemu dengan kelompok tani, khusus dengan peternak babi, kami bagikan 40 bibit babi untuk masing-masing kelompok dan bantuan uang untuk pembelian bibit ayam. Mudah-mudahan bantuan yang mungkin masih kecil ini dapat dimanfaatkan ibu-ibu untuk punya kegiatan mengisi waktu luang dengan berternak babi,” ucapnya.

Baca juga:  Buntut Oknum PNS Terlibat Narkoba, BNK Gelar Tes Urine di Pemkab Jembrana

Pihaknya juga menegaskan, agar bantuan yang diperoleh oleh masyarakat untuk selanjutnya dapat dikembangkan secara berkelanjutan sehingga bisa bermanfaat dan memberikan kesejahteraan untuk jangka panjang. “Kalau babi sudah besar bisa dijual, sebagian untuk kembali membeli bibit babi dan sebagian bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Astungkara terus berlanjut,” tegas Bupati Tamba.

Di lain sisi, Ni Luh Ernawati salah satu penerima bantuan bibit babi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana sudah memberikan bantuan kepada masyarakat yang nantinya diharapkan bisa membantu perekonomian keluarga.

Baca juga:  Bonus Atlet Cair, Jembrana Anggarkan 2 Miliar Lebih

“Atas nama kelompok saya mengucapkan banyak terima kasih untuk Bapak Bupati dan jajarannya atas bantuan yang diberikan kepada kami. Semoga kedepannya bisa kami kembangkan sehingga lebih maju,” ujarnya. (Adv/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *