Ribuan ekor benih ikan nila ditebar di Danau Batur, Kintamani, Jumat (6/9). (BP/Ina)

 

BANGLI, BALIPOST.com – Puluhan ribu ekor benih Ikan nila kembali ditebar di Danau Batur, Kintamani, Jumat (6/9). Kegiatan itu rutin dilaksanakan Pemkab Bangli dalam upaya meningkatkan populasi ikan dan melakukan pemulihan stock ikan yang ada di Danau Batur.

Kegiatan penebaran benih ikan (restoking) di Danau Batur dilaksanakan melibatkan TNI dan Polri. Ribuan benih ikan diangkut dengan boat dan ditebar di tengah danau.

Baca juga:  Tahanan Menumpuk, Aparat Rapat Cari Solusi

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli I Wayan Sarma menyebutkan benih ikan nila yang ditebar Jumat kemarin sebanyak 75 ribu ekor. Benih ikan tersebut merupakan hasil pengadaan Pemkab Bangli dengan sumber anggaran dari dana mandatori dana bagi hasil perikanan. “Kami beli benih ikan ini dari pendeder di Bangli,” kata Sarma.

Pada tahun ini pihaknya menargetkan dapat menebar benih ikan di perairan umum sebanyak 150 ribu ekor. Rencananya kegiatan yang sama akan kembali dilaksanakan pada peringatan hari Perikanan nasional November mendatang.

Baca juga:  Nelayan asal Bunutan Terdampar di Lombok Utara

Secara umum tujuan dilaksanakannya restoking di Danau Batur yaitu untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya hayati di perairan umum, mengembalikan dan meningkatkan populasi ikan di perairan umum. Selain itu tujuan lainnya untuk meningkatkan produksi perikanan guna pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat dan peningkatan ekonomi para nelayan. (Dayu Swasrina/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *