Ilustrasi. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Semua tentu sepakat jika mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Namun, tak semua orang memiliki cukup kesadaran yang besar untuk menjaga kesehatan mata mereka.

Padahal, mata cukup sensitif jika terkena debu maupun benda kecil yang bisa jadi menyebabkan gangguan penglihatan yang cukup serius. Ketika mata sudah mengalami gangguan, cara untuk mengatasi hal tersebut tidak segampang ketika mata masih sehat.

Agar mata tetap sehat lakukan 5 tips di bawah ini, dikutip dari halodoc dan alodokter:

Baca juga:  Kulit Kusam Buat Percaya Diri Berkurang, Ini Cara Mengatasinya

1. Mengonsumsi makanan sehat 

Memakan makanan yang sehat setiap harinya sangat mempengaruhi kesehatan mata. Agar kesehatan mata tetap terjaga alangkah bagusnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E. Seperti, wortel, sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry dan jeruk.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok secara berlebihan akan menyebabkan penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Maka dari itu seorang perokok aktif sebaiknya menghentikan kebiasaannya sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Baca juga:  Dua Hari Jumlah Kasus COVID-19 Harian Nasional Terus Turun, Hari Ini Kembali Naik di Atas 4.000

3. Rutin melakukan pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata yang rutin sangat lah penting bagi mata kita. Sebab, ketika mata mengalami sedikit gangguan atau permasalahan yang ringan, dokter bisa dengan cepat mengatasi hal tersebut. Pemeriksaan mata bisa dilakukan selama 2 tahun sekali, baik untuk pria maupun wanita.

4. Menggunakan kacamata pelindung

Ketika beraktivitas di luar ruangan maupun dalam ruangan alangkah baiknya menggunakan kacamata pelindung. Kacamata pelindung dapat melindungi mata dari paparan debu langsung maupun sinar matahari yang berlebihan. Saat beraktivitas di depan komputer yang cukup lama alangkah baiknya menggunakan kacamata anti-radiasi agar mata tetap terjaga.

Baca juga:  Bahan Alami Atasi Batuk

5. Hati-hati menggunakan make up

Bagi kalian yang menggunakan make up setiap harinya, sebaiknya menggunakan alat-alat ataupun make up dengan bersih. Setiap pemakaian jangan lupa untuk di cuci kembali agar tetap bersih.

Nah, itu 5 tips untuk menjaga kesehatan. Lebih baik melakukannya selagi mata kita sehat. Menyesal kemudian tidak ada gunanya. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *