Salah seorang umat Hindu menghaturkan persembahannya saat perayaan Hari Suci Galungan di Pura Agung Jagadnatha Denpasar, Rabu (25/9). Pemedek yang tangkil ke pura ini tidak hanya dari Kota Denpasar saja, namun dari sejumlah daerah di Bali. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perayaan Hari Raya Galungan, Rabu (25/9) merupakan hari pertama kampanye Pilkada Serentak 2024. Ini, menjadi momen bagus bagi para pasangan calon (paslon) pemimpin daerah untuk melakukan pendekatan diri ke masyarakat. Demikian disampaikan Pemangku Janbanggul (pemimpin pemangku) Pura Agung Jagatnatha Denpasar, IB Saskara.

Menurutnya, di hari yang suci ini para calon kepala daerah diharapkan bisa datang ke pura untuk melakukan persembahyangan bersama. Sehingga dapat merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma ini dengan lebih baik lagi dan penuh kebersamaan.

Baca juga:  Mukernas Kelatnas Perisai Diri di Bali

Dijelaskan juga, pemedek yang datang untuk melakukan persembahyangan di Pura Agung Jagatnatha Denpasar sejak pagi. Mereka yang datang tangkil ada dari dalam kota maupun luar Kota Denpasar.

“Untuk pemedeknya, itu hampir dari seluruh Bali. Mereka kemungkinan belum bisa pulang ke kampung, jadi mereka bersembahyang di sini”, terang jro mangku Saskara.

Melakukan persembahyangan di Hari Raya Galungan ini menjadi momen untuk kembali meningkatkan kesatuan ke Sang Pencipta. Dengan ini diharapkan, energi-energi positif atau kebaikan dapat kembali lagi. Sehingga tercipta kerukunan, kebersamaan, dan keharmonisan didalam masyarakat.

Baca juga:  Restoran Cepat Saji di Ubung Kaja Terbakar

Lebih lanjut diterangkan, persiapan untuk persembahyangan di pura ini telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Seperti pemasangan penjor, tedung-tedung atau payung, dan sarana prasarana lainnya. Sedangkan pelaksanaan sembahyang di mulai sejak pukul 7.00 Wita hingga selesai. Diprediksi puncak pemedek yang tangkil ke Pura Agung Jagadnatha Denpasar saat sore hari. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *