Ilustrasi seorang anak tengah meminum susu. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang, ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus atau pun ingin memperbaiki penampilan.

Metode untuk meningkatkan berat badan harus disesuaikan dengan keadaan kesehatan individu serta faktor-faktor yang menyebabkan berat badan rendah. Sebagai langkah awal, sebelum memulai program untuk menambah berat badan, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu keadaan gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

Penurunan berat badan yang signifikan bisa menjadi indikator adanya penyakit tertentu, mulai dari masalah pada sistem pencernaan, ketidakseimbangan hormon, hingga kemungkinan kanker. Maka dari itu, penurunan berat badan yang signifikan harus diperhatikan dan dicari tahu penyebabnya dengan akurat.

Kehilangan berat badan harus diperhatikan jika mencapai 4,5–5 kg, atau melebihi 5 persen dari berat badan awal, dalam kurun waktu 6-12 bulan.

Penurunan berat badan yang signifikan adalah salah satu indikator malnutrisi, yaitu keadaan di mana tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Masalah pola makan, seperti anoreksia dan bulimia, dapat menjadi salah satu faktornya. Stres atau depresi yang parah juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, dilansir dari situs Alodokter.

Banyak individu yang tanpa disadari meningkatkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak secara berlebihan. Sebenarnya, metode untuk menambah berat badan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:  Dari Dilarang!! Naikkan Layangan Berisi Lampu hingga Dikirimi Karangan Bunga Ini Kata Kasatreskrim

Jadi, apa saja metode yang aman dan sehat untuk meningkatkan berat badan? Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing metode tersebut dilansir dari situs Siloam Hospital:

1. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Jika ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, sebaiknya jauhi makanan berlemak serta makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Agar lebih sehat, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, seperti sayuran dan buah-buahan, daging yang rendah lemak, kacang-kacangan, ikan, telur, serta tempe.

2. Makan Lebih Sering Dengan Porsi Sedikit

Metode untuk menambah berat badan berikutnya adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan. Sayangnya, individu dengan berat badan rendah cenderung merasa kenyang dengan lebih cepat, sehingga mereka kesulitan untuk meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, dari pada mengonsumsi makanan tiga kali sehari dengan porsi besar, coba lah untuk makan lebih sering sekitar 5–6 kali dalam sehari namun dengan porsi yang lebih kecil. Dengan demikian, kalian dapat dengan lebih mudah meningkatkan konsumsi kalori tanpa merasakan rasa kenyang yang berlebihan.

3. Memilih Makanan Padat Kalori

Salah satu metode untuk meningkatkan berat badan secara bertahap adalah dengan menambah konsumsi kalori sekitar 300–500 kkal setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan kalori, kalian bisa mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan kaya akan lemak sehat serta protein.

Baca juga:  Bibir Kering Ganggu Penampilan, Simak 7 Solusi Mudah Mengatasinya

4. Mengonsumsi Camilan Sehat

Selain makanan utama, kalian juga dapat meningkatkan asupan makanan ringan sehat sebagai metode untuk menambah berat badan. Makanan ringan yang bergizi dan penuh nutrisi, seperti dark chocolate, buah-buahan, roti whole grain, dan yogurt, dapat dijadikan opsi untuk menambah asupan kalori.

Meskipun tujuannya adalah untuk meningkatkan berat badan, sebaiknya hindari camilan seperti makanan yang digoreng, karena mengandung lemak jenuh dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Daripada mencapai berat badan yang ideal, mengkonsumsi gorengan justru berpotensi meningkatkan risiko obesitas serta sejumlah masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

5. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik tidak hanya penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menjadi metode untuk meningkatkan berat badan. Jika kalian ingin meningkatkan berat badan, penting untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur guna menambah masa otot dan mengurangi lemak tubuh.

Olahraga yang direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan meliputi latihan kekuatan otot, seperti push-up, angkat beban, lunges, dan plank.

6. Minum di Waktu yang Tepat

Baca juga:  Kiat-kiat Menjadi Pebisnis Andal yang Sukses

Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat. Kebiasaan itu bisa bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalani program diet, tetapi tidak cocok untuk individu yang berusaha menambah berat badan.

Salah satu metode untuk meningkatkan berat badan adalah disarankan agar menghindari konsumsi air mineral sebelum waktu makan. Untuk meningkatkan asupan kalori, Anda bisa mencoba minuman yang kaya kalori, seperti jus buah tanpa tambahan gula, sebagai pelengkap air mineral saat menikmati makanan.

7. Memperbanyak Air Mineral dan Susu

Air mineral dikenal memiliki keuntungan untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Air mineral memiliki manfaat dalam mengeliminasi racun dari dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Selain memenuhi kebutuhan air mineral, disarankan agar mengonsumsi susu segar atau produk olahan susu setiap hari, seperti yogurt atau puding rendah gula. Ini adalah salah satu metode untuk meningkatkan berat badan secara sehat. Sebab, di samping dapat mendukung pemenuhan kebutuhan hidrasi, mengonsumsi minuman tersebut juga mampu meningkatkan asupan kalori dalam sehari. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *