Pasangan Adicipta berbicara dalam pertemuan dengan warga Desa Adat Cemagi, Kamis (3/10). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, memberikan dukungan penuh pada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa dan Bagus Alit Sucipta (Adicipta), dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Badung yang akan digelar pada 27 November 2024. Dalam pertemuan yang berlangsung di Banjar Tangkeban Cemagi, Kamis (3/10), masyarakat Desa Cemagi secara tegas menyatakan keyakinan mereka bahwa Adicipta akan meraih 90 persen suara di wilayah tersebut.

Ribuan warga yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan harapan besar kepada pasangan calon ini untuk merealisasikan sejumlah kebutuhan masyarakat, termasuk pembangunan pasar di Desa Cemagi serta fasilitas olahraga seperti lapangan voli. Harapan ini menjadi salah satu fokus utama yang diinginkan oleh warga Desa Cemagi dalam mendukung Adicipta.

Calon Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa, dalam kesempatan itu memaparkan berbagai program unggulan yang diusung Adicipta. Ia menekankan bahwa program-program tersebut berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memajukan Kabupaten Badung secara keseluruhan.

Baca juga:  Sekda Badung Aresiasi Lomba Ogoh-Ogoh Mini Diselenggarakan Karang Taruna Kutsel dan GWK

“Program yang kami lakukan akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan asli daerah melalui revitalisasi destinasi-destinasi wisata. Salah satunya, saya akan melakukan revitalisasi destinasi di Pura Batu Ngaus, Desa Adat Cemagi,” ujarnya penuh keyakinan.

Sebagai mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, Adi Arnawa mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan peninjauan langsung terhadap potensi wisata di wilayah tersebut. Ia juga berharap bisa membangun panggung terbuka untuk pementasan tari kecak di areal Pura Batu Ngaus, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik wisata.

“Saya sangat optimis, jika Pura Batu Ngaus ditata dengan baik, pendapatan Desa Cemagi dan desa-desa adat lainnya seperti Sogsogan, Mengening, dan Seseh akan meningkat, termasuk juga pendapatan Kabupaten Badung secara keseluruhan,” jelasnya.

Pura Batu Ngaus, menurutnya, memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan, bahkan bisa bersaing dengan destinasi wisata populer seperti Tanah Lot. Adi Arnawa juga berencana membangun fasilitas pendukung seperti area parkir yang memadai agar semakin menarik minat wisatawan.

Baca juga:  Sekda Adi Arnawa Beri Pengarahan ke Kepala OPD Pemkab Badung

Selain program revitalisasi wisata, Adicipta juga akan menjalankan program pro-rakyat lainnya, seperti bantuan Rp 2 juta per kepala keluarga pada saat hari raya besar, serta bimbingan belajar gratis bagi anak-anak di Kabupaten Badung, khususnya dalam penguasaan bahasa asing.

“Ini bagian dari upaya kami untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), terutama dalam menghadapi perkembangan pariwisata di Badung,” lanjutnya disambut tepuk tangan meriah dari warga yang hadir.

Calon Wakil Bupati Badung, Bagus Alit Sucipta, yang akrab disapa Gusbota, menambahkan bahwa AdiCipta memiliki tujuh program unggulan yang dikemas dalam konsep “Sapta Kriya Adicipta.” Ia juga menegaskan bahwa dua kebutuhan utama masyarakat Desa Cemagi, yakni pembangunan pasar dan lapangan voli, akan menjadi prioritas jika Adicipta terpilih.

“Ketika saya menghadiri turnamen ceki di sini, saya mendapat bisikan bahwa masyarakat Desa Cemagi menginginkan pasar dan lapangan voli. Jika kami menang, ini akan segera kami realisasikan,” tegas Gusbota, disambut sorak sorai dari warga.

Baca juga:  Atasi Permasalahan Air, Sekda Minta Direksi Perumda Tirta Mangutama Tak Hanya Wacana

Gusbota juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mengusulkan penggunaan tanah provinsi agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Cemagi untuk pembangunan pasar dan lapangan olahraga tersebut.
“Permasalahannya hanya satu, yaitu tanah provinsi ini. Astungkara, jika masyarakat di sini bersama-sama mendukung paket Koster-Giri dan Adicipta, semua ini bisa terwujud,” imbuhnya.

Selain itu, Gusbota juga menyoroti beberapa program sosial lainnya, seperti santunan bagi lansia sebesar Rp 1 juta per bulan dan santunan kematian dengan nilai Rp 10 juta yang diberikan sebagai reward kepada keluarga yang taat administrasi kependudukan.

“Jika ada keluarga yang meninggal, harus segera melapor ke Catatan Sipil, dan kami akan memberikan sebesar Rp 10 juta,” tambahnya disambut antusiasme warga yang hadir.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat Desa Cemagi, pasangan Adicipta optimis dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi Kabupaten Badung di masa mendatang. (kmb/balipost)l

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *