Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Bawaslu Kabupaten Buleleng kini lakukan penelusuran terkait aksi anak-anak yang diduga menerima uang dari salah satu calon gubernur Bali saat kampanye di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak pada Jumat (11/10). Video anak-anak menerima uang itupun viral di Media Sosial.

Video berdurasi 14 detik yang diunggah di Facebook itu memperlihatkan dua orang anak-anak yang diduga masih duduk di bangku sekolah dasar sedang membagikan uang ke teman-temannya. Saat itu, perekam video bertanya pada dua anak itu siapa yang memberi uang dan dijawab keduanya.

Baca juga:  Pilkel Serentak Gelombang II, Ini Tingkat Partisipasi Pemilihnya

Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata dikonfirmasi Minggu (13/10) membenarkan hal itu. Pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat sehari setelah pelaksanaan kampanye di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. “Itu baru kami ketahui setelah ada kiriman dari masyarakat. Masyarakat itu hanya sekedar memberikan informasi kepada kita di Bawaslu Buleleng,” kata Carna.

Carna menegaskan pada kampanye tersebut sejatinya sudah ada pengawas yang bertugas. Mulai dari Panwascam hingga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

Baca juga:  Diperbaiki, DPT Jembrana Berkurang

“Ada petugas kami di sana. Tapi kan tidak bisa melihat keseluruhan, karena massanya kan banyak,” imbuh carna.

Carna pun mengaku telah memerintahkan Panwascam Gerokgak, untuk melakukan penelusuran. Tujuannya untuk memastikan kebenaran video tersebut.

Hanya saja, apakah itu termasuk pelanggaran atau tidak, Ia mengaku akan melakukan kajian terlebih dahulu. “Saya belum bisa memberi statement di awal seperti apa, karena tentunya kita akan melalui proses lebih dulu. Seperti apa nanti hasil kajian yang dilakukan, nanti akan kami umumkan hasilnya,” pungkasnya. (Nyoman Yudha/balipost)

Baca juga:  Baru 2 Minggu Dilantik, Komisioner Bawaslu Buleleng Mengundurkan Diri
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *