Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Minyak kemiri dikenal baik untuk perawatan rambut. Minyak kemiri diperoleh dari biji kemiri atau Aleurites moluccanus.

Kemiri sendiri mengandung banyak nutrisi yang memberikan efek positif bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya: Kalsium, Fosfor, Kalium, Zat Besi, Zinc, Vitamin B1 dan B2.

Selain itu, minyak kemiri juga mengandung beberapa asam lemak sehat, seperti: Asam linolenat, Asam oleat, Asam linoleat, Asam palmitat, Asam stearat.

Minyak kemiri juga diketahui mengandung sedikit vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meminimalisir efek berbahaya dari radikal bebas.

Simak 6 manfaat minyak kemiri untuk perawatan rambut, dilansir dari Halodoc:

Baca juga:  Dari Malaysia akan Berlakukan “Full Lockdown" hingga Masih Banyak Duktang di Badung Enggan Lapor Diri

1. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama adalah dapat mengatasi masalah rambut rontok. Rambut rontok umumnya disebabkan oleh melemahnya folikel rambut. Minyak kemiri mengandung protein dan mineral yang memperkuat folikel rambut dan menguatkan rambut dari akar hingga ujung.

2. Mengatasi Ketombe

Minyak kemiri dapat membantu meredakan peradangan akibat ketombe. Manfaat ini berkat kandungan asam linoleat, sejenis asam lemak tak jenuh dengan sifat anti inflamasi.

Caranya dengan mengoleskan minyak ini ke kulit kepala. Pijat perlahan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Membuat Rambut Tampak Berkilau

Minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai kondisioner alami. Manfaatnya adalah mengembalikan kelembaban rambut dan menjadikannya lebih berkilau.

Baca juga:  Pemerintah Datangkan 16 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19

Selain itu, minyak kemiri juga bisa membuat rambut terlihat lebih gelap. Oleskan sedikit minyak ini ke rambut setelah keramas untuk melihat efeknya.

4. Melembabkan Rambut

Manfaat minyak kemiri lainnya adalah melembapkan bagi pemilik masalah rambut kering dan kusut. Minyak kemiri diketahui mengandung asam lemak tidak jenuh ganda yang mampu menjaga kelembaban rambut sehingga membuatnya menjadi lebih lembut dan halus.

5. Memanjangkan Rambut Lebih Cepat

Vitamin, mineral, dan asam lemak yang ada dalam minyak kemiri juga membantu rambut tumbuh lebih cepat. Manfaat ini paling baik dicapai dengan mengoleskan minyak kemiri ke rambut secara teratur.

Baca juga:  Kapal Pesiar Diperbaiki di Jepang, 34 Krunya Positif COVID-19

6. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara terus menerus dapat merusak sel pewarna rambut. Hal ini menyebabkan warna rambut berangsur-angsur memudar sehingga tampak seperti warna karat  besi.

Selain itu, paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak struktur rambut atau keratin. Hal ini membuat struktur rambut menjadi lebih kasar sehingga membuatnya saling menempel dan sulit disisir.

Untuk mencegah kerusakan tersebut, coba lah menggunakan minyak kemiri. Minyak ini mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas akibat sinar matahari (UVA dan UVB). (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *