Afifah Ainun. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Teknologi artificial intelligence (AI) tak hanya disematkan dalam perangkat komputer dan gadget kekinian. Penggunaannya sudah merambah ke perangkat dapur modern. Hal ini diakui salah satu pelaku usaha yang memasarkan peralatan dapur, Afifah Ainun, Kamis (17/10).

Menurutnya penggunaan AI ini merupakan langkah maju dalam mengurangi beban pekerjaan rumah tangga. Dengan penyematan AI ini, perangkat dapur cerdas akan memudahkan penggunanya, baik ibu rumah tangga maupun pekerja profesional yang super sibuk.

Baca juga:  Fashion Show Gunakan AI Ciptaan Elon Musk Berpotensi Bisnis di Masa Depan

Perempuan yang merupakan Product Manager MITO Electronic untuk kategori Kitchen ini menyebutkan salah satu produk yang menggunakan AI adalah air fryer. “Keunggulan air fryer berteknologi AI ini secara otomatis menyesuaikan suhu dan waktu memasak sesuai dengan jenis makanan yang dimasukkan,” ujar Afifah.

Kemampuan mengatur suhu dan waktu memasak ini memudahkan pengguna. Mereka tidak perlu lagi khawatir tentang pengaturan suhu dan waktu memasak. “Cukup masukkan bahan makanan, dan biarkan AI bekerja,” paparnya.

Baca juga:  Etika Kecerdasan AI Diatur SE Kemenkominfo

Selain itu, AI ini juga memungkinkan pengguna menggoreng makanan tanpa minyak atau dengan sedikit minyak sehingga makanan lebih sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, proses menghangatkan makanan gorengan menggunakan AI-Fryer ini bisa mengurangi minyak hingga 30 persen.

Lebih dari sekadar fitur canggih, teknologi AI memberikan pengalaman memasak yang lebih praktis. Pengguna tidak perlu lagi melakukan trial and error dalam menentukan pengaturan waktu dan suhu.

Baca juga:  Puluhan Negara Tandatangani Seruan Penggunaan AI di Militer, Salah Satunya Indonesia

Produk berteknologi terkini ini, diakuinya, tidak hanya ditujukan untuk kalangan tertentu, tetapi mencakup semua segmen pasar, mulai dari keluarga kecil hingga para profesional muda yang tinggal sendiri dan peduli dengan gaya hidup sehat.

Ke depannya, lanjut Afifah, dimungkinkan untuk terus berinovasi dan tidak berhenti pada air fryer dalam pemanfaatan AI di perangkat dapur. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *