Ilustrasi olahraga. (BP/Dokumen Halodoc.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Olahraga buka cuman bermanfaat untuk fisik, aktivitas olah tubuh ini juga sangat baik untuk kesehatan mental.

Dikutip dari situs Kemenkes, olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan mental dan fisik manusia. Olahraga tidak hanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik, akan tetapi kesehatan mental kita misalnya dengan rutin jogging atau berjalan di taman.

Dilansir dari situs Alodokter, ada beberapa jenis olahraga yang mungkin lebih cocok dilakukan oleh penderita gangguan cemas dan depresi, yaitu:

1. Lari dan berjalan kaki

Olahraga intensitas tinggi yang dapat meningkatkan detak jantung, seperti lari atau jogging, sangat baik dilakukan oleh penderita kecemasan dan depresi. Selain itu, berjalan kaki juga dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga membantu meredakan rasa khawatir dan cemas yang terus menerus terpikirkan.

Baca juga:  Ingin Dapat Uang Tambahan? Coba 7 Aplikasi Android Ini

2. Bersepeda

Selain meningkatkan kekuatan otot dan sendi, bersepeda juga dapat menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh. Olahraga ini juga baik untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Hal ini membuat bersepeda baik untuk kesehatan mental dan fungsi otak.

Saat bersepeda, pilihlah lokasi yang aman, sepi, tenang, dan bersih udaranya. Dengan bersepeda di jalur yang udaranya segar dan indah pemandangannya, stres pun bisa teratasi dan hal ini tentu bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga:  Lagi Diet? Coba Sejumlah Camilan Ini untuk Jaga Asupan Kalori ke Tubuh

3. Yoga

Manfaat yoga untuk meredakan gejala gangguan kesehatan mental memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak penelitian membuktikan bahwa yoga dan meditasi terbukti dapat memperbaiki mood dan meringankan gejala gangguan cemas dan depresi.

Olahraga yang berfokus pada kelenturan tubuh dan pernapasan ini mampu mengurangi rasa gelisah, membuat pikiran menjadi tenang, dan tubuh lebih bugar. Yoga juga dapat membuat pasien gangguan cemas dan depresi untuk tidur lebih nyenyak.

4. Latihan kekuatan

Pilihan olahraga lainnya yang bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi adalah latihan kekuatan. Selain memperbaiki mood dan meningkatkan suasana hati, olahraga ini juga dapat membentuk jaringan otot dan memperbaiki postur tubuh.

Baca juga:  Kasus Keracunan Peserta Porcam, Keluarga Enggan Lakukan Otopsi

Ada banyak jenis latihan kekuatan yang bisa dilakukan, mulai dari push-up, sit-up, squat, plank, hingga angkat beban dengan dumbbell.

5. Berenang

Ini merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan rutin berenang, aliran darah akan lebih lancar, tekanan darah stabil, dan otot serta sendi pun akan lebih kuat.

Selain itu, berenang juga baik untuk meringankan gangguan cemas dan depresi karena dapat menenangkan pikiran dan mengatasi stres. (Beatrix Irenia/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *