Kreasi pot gantung yang menggunakan botol plastik. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Botol plastik menjadi momok bagi kelestarian lingkungan. Sebab, botol berbahan plastik ini sangat sulit untuk terurai.

Bahkan, keberadaan botol plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah yang mengambang bebas di lautan.

Kalau kalian ingin mengurangi sampah botol plastik, ada baiknya mendaur ulang dan menjadikannya benda yang bermanfaat dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Berikut 5 kreasi berbahan dasar botol plastik yang bisa kalian coba buat untuk mengurangi dampak merusak bagi lingkungan, dikutip dari berbagai sumber:

Baca juga:  Empat Kecamatan di Bangli Rentan Kebakaran

1. Pot Tanaman

Ide daur ulang sampah plastik botol pertama adalah pot tanaman. Sekarang ini, tanaman hias sedang menanjak popularitasnya. Tak ada salahnya kalian memanfaatkan botol plastik bekas minuman ringan untuk disulap menjadi pot tanaman

2. Mainan Robot

Ide daur ulang plastik botol bekas selanjutnya adalah mainan robot. Mainan robot dari daur ulang ini bisa membuat anak laki-laki menjadi senang karena bisa mendapatkan mainan robot baru untuk koleksinya.

Baca juga:  Dua Terdakwa OTT Cekik Dituntut 1,5 Tahun, Korsatpel Sebut Danru Beri Jatah Polisi

3. Tempat Pensil

Tempat pensil merupakan salah satu kerajinan yang paling mudah untuk dibuat. Pasalnya, bahan yang dibutuhkan sedikit dan proses untuk membuatnya tidak akan memerlukan banyak tenaga yang berlebih.

4. Celengan

Menabung adalah salah satu hal yang harus diajarkan kepada seorang sejak usia dini. Hal ini dimaksudkan agar terbiasa untuk menabung saat beranjak dewasa. Mengajarkan anak untuk menabung ke celengan yang dibuat dari botol plastik menjadi cara yang bisa ditempuh.

Baca juga:  Persembahyangan Saraswati di Tengah Wabah COVID-19, Ini Aturannya

5. Wadah untuk Menyimpan Aksesoris

Jika kehabisan tempat untuk menyimpan aksesori, tidak ada salahnya mencoba membuat dengan botol plastik. Gunakan imajinasi dan kreativitas kalian sehingga menghasilkan wadah yang menarik dilihat dan fungsional. (Beatrix Irenia/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *